Friday, 3 February 2023 0813-9223-3059 smpdiponegoro.yk Sembego, Maguwoharjo, Yogyakarta

Fasilitas SMP Diponegoro

Fasilitas

Fasilitas SMP Diponegoro Depok

Berikut ini adalah fasilitas yang ada di SMP Diponegoro

SMP Diponegoro Depok adalah sekolah yang berada di bawah Yayasan Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro, sehingga kurikulum yang digunakan adalah kurikulum Diknas dan kurikulum Pesantren. Dengan memadukan kurikulum tersebut diharapkan lulusan SMP Diponegoro Depok memiliki kompetensi yang tinggi baik bidang akademik, non akademik maupun bidang agama Islam yang dapat diaplikasikan dan diamalkan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebagai sekolah yang berbasis pesantren, semangat juang seluruh stake holders telah banyak menghasilkan prestasi siswa maupun guru baik tingkat kabupaten, propinsi maupun tingkat nasional. Hal ini sebagai komitmen menuju cita-cita yang tertuang dalam visi ” Mencetak kader bangsa yang terdepan dalam imtaq dan mantap dalam iptek.

Memasuki era informasi yang begitu cepat maka SMP Diponegoro Depok membuat website yang berisikan berbagai informasi kegiatan sekolah.

Masjid

SMP Diponegoro Depok berada di komplek Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro. Di area pesantren ini memiliki masjid yang cukup besar yang dapat menampung kurang lebih 1.000 jamaah. Selain berfungis sebagai tempat sholat bagi siswa, baik sholat fardlu maupun sholat sunnah, masjid juga digunakan sebagai tempat pengajian dan juga pembelajaran pelajaran agama.

SMP Diponegoro yang memiliki program untuk menggabungkan pendidikan umum dan juga agama, dan juga memilik kelas Tahfidz, selalu memanfaatkan masjid sebagai sarana pembelajaran bagi siswa-siswi. Di masjid Pak Kyai dan para ustadz juga memberikan nasehat, arahan, dan tuntunan agar para santri selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya, dan mengaplikannya dalam kehidupan mereka sehari-hari.

Gedung Sekolah

Pondok Pesantren Diponegoro memiliki gedung madrasah yang sangat memadai. Saat ini jumlah gedung madrasah sudah mencapai total lebih dari 100 ruangan, yang terdiri dari ruang kelas, kantor guru, kantor kepala madrasah, kantor administrasi, asrama, ruang komputer, perpustakaan, laboratorium dan lain-lain.

Seluruh ruangan sudah sesuai dengan standar baik dari Kementerian Agama maupun Kementerian Pendidikan Nasional. Saat ini, Pondok Pesantren Diponegoro masih melakukan pengembangan dengan membangun gedung-gedung baru karena lembaga-lembaga pendidikan di bawah Pondok Pesantren Diponegoro juga semakin berkembang dari tahun ke tahun.

Aula

Pondok Pesantren Diponegoro memiliki Aula yang cukup luas. Aula berfungsi untuk tempat pertemuan oleh civitas pesantren, baik itu pengurus Yayasan, Dewan Guru maupun wali santri. Aula juga sering digunakan sebagai sarana untuk pengajian umum Santri, dan juga untuk kegiatan santri, baik yang berupa sholawatan maupun kesenian islami. Seringkali Aula juga digunakan oleh berbagai pihak yang menyelenggarakan acara di lokasi Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro Yogyakarta.

Asrama

Pondok Pesantren Diponegoro Yogyakarta memiliki asrama untuk istirahat santri di sela-sela kegiatan belajar dan mengaji yang sangat padat setiap hari nya. Asrama diatur sedemikian rupa sehingga membuat santri bisa beristirahat dengan nyaman dan juga tetap terjaga kesehatannya. Lingkungan asrama di Pondok Pesantren Diponegoro cukup asri dengan banyaknya pohon-pohon yang terawat dengan baik. Asrama juga selalu di jaga kebersihannya oleh para santri, dengan adanya piket kebersihan yang dilakukan setiap pagi dan sore hari.

Perpustakaan

Perpustakaan SMP Diponegoro terletak di komplek gedung madrasah. Setiap hari beroperasi semua murid bisa mengkasesnya. Layanan perpustakaan memfasilitasi peserta didik untuk kreatif, memiliki keterampilan antisipatif dan tanggap dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Buku baru setiap bulan dihadirkan untuk mengangkat minat baca. Waktu senggang murid-murid menjadi produktif.

Perpustakaan fasilitas mendasar untuk memperkuat motivasi belajar. Peserta didik berproses secara simultan. Sarana mendasar ini sebagai wujud komitmen madrasah meningkatkan wawasan dan peningkatan prestasi akademik. Perpustakaan mendorong murid terampil membuat kemajuan. Perpustakaan SMP Diponegoro memfasilitasi seleruh sivitas madrasah, murid, guru dan karyawan.

Ruang Komputer

Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro memiliki laboratorium Desain, Teknologi Informasi dan Komputer, yang berupa 1 buah ruang komputer. Fasilitas ruang komputer ini disediakan oleh Pesantren untuk menunjang aktivitas riset laboratorium komputer. Selain itu, ruang komputer ini digunakan untuk menunjang aktifitas tenaga pengajar dan santri dalam melaksanakan penelitian dan praktikum.

Ruang komputer dengan dengan 30 workstation yang seluruhnya dilengkapi dengan LCD Monitor  dan perangkat komputer dengan Processor Intel generasi terbaru. Ruang komputer juga dibekali Jaringan LAN dan Internet. Selain perangkat keras, komputer juga didukung oleh koleksi perangkat lunak (software) yang lengkap untuk tujuan penelitian, pengembangan, dan simulasi. Software yang tersedia sangat bervariasi baik yang berbasis MS Windows ataupun yang berbasis Open-Source.

Laboratorium

Memupuk keberanian siswa untuk meneliti sedari SMP amatlah penting. SMP Diponegoro memfasilitasi laboratorium sains sebagai sarana penting belajar murid. Peserta didik dapat melakukan riset, percobaan, pengukuran ilmiah, atau pembuktian teori secara ilmiah. Mengamati lingkungan alam perkebunan dan proyeksinya. Melatih murid untuk produktif dan mandiri.

Laboratorium sains SMP Diponegoro dikonstruk untuk memperkuat rasa ingin tahu dan meninggikan daya belajar. Percaya diri dapat dikukuhkan denga kegiatan-kegiatan di laboratorium. Fasilitas madrasah ini tempat melatih murid untuk produktif dan mandiri. Murid dapat melakukan pengamatan, eksperimen dan menghasilkan karya.

Koperasi

Sekolah memfasilitasi tumbuhnya kualitas hidup. Koperasi memungkinkan perbaikan kesejahteraan bersama. Potensi ekonomi dan peningkatan kesejahteraaan diwadahi. Koperasi SMP Diponegoro memumpuk budaya tolong menolong. Menjalankan usaha ekonomi secara kekeluargaan. Kebutuhan bersama disediakan, baju seragam, peralatan belajar, bahan belajar misalnya diantaranya.

Koperasi SMP Diponegoro sarana kemandirian ekonomi. Wahana menempa keterampilan hidup peserta didik. Koperasi memberikan pelayanan dan pula membukakan peluang. Murid yang memiliki passion pengusaha ataupun pemimpin bisa magang praktik lapangan di koperasi. Murid terlibat operasional pelayanan usaha. Koperasi menempa kecakapan usaha niaga dan bagaimana memberi manfaat.

Kantin

Penyegaran fikiran dapat memacu meraih prestasi. SMP Diponegoro dengan kelengkapan saranaynya memungkinkan murid-murid menjalin pertemanan yang baik. Memupuk rasa kekeluargaan dan bahagia sembari duduk satu meja di kantin. Tukar fikiran dan diskusi ringan antar teman saling akrap terwadahi. Dengan adanya kantin ini pula kecakapan sosial murid-murid akan bertumbuh dan produktif.

Kantin SMP Diponegoro sarana edukatif. Wahana menempa keterampilan hidup peserta didik. Kantin memberikan pelayanan dan pula membukakan peluang. Bagi murid yang memiliki passion pengusaha ataupun pemimpin bisa melaksanakan praktik lapangan di kantin. Murid terlibat operasional pelayanan usaha. Kantin menempa kecakapan penghidupan dan bagaimana memberi manfaat.

Lapangan

Untuk menunjang aktivitas santri, Pondok Pesantren Pangeran Diponegoro memiliki 1 buah lapangan sepak bola dan 1 buah lapangan bola voly. Lapangan bisa digunakan sebagai tempat untuk melakukan kegiatan baik apel, upacara, olahraga, maupun kegiatan-kegiatan yang lain. Arti lapangan Pesantren bagi santri adalah tempat yang banyak di gunakan untuk segala kegiatan-kegiatan formal maupun non formal. Hal yang sering dilakukan kebanyakan santri adalah sebagai sarana berkumpul dan untuk memberikan informasi dari pengasuh, para ustadz ke santri.

Facebook Twitter Instagram YouTube Pinterest